Cara Menghilangkan leleah

Cara Menghilangkan leleah

Berikut Beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi pada saat tubuh mengalami kelelahan. 

1.Berry

Buah-buahan jenis berry, seperti strawberry dan blueberry sangat kaya anti-oksidan dan merupakan sumber vitamin A yang baik. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah berry sangat membantu tubuh untuk menjaga fungsi jaringan dalam tubuh. Vitamin A dan mineral yang terkandung dalam buah berry juga membantu menghilangkan rasa lelah.

2.Jeruk

Para ahli dari University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa vitamin C dapat membantu melawan rasa lelah serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai sistem perlindungan daya tahan tubuh.
Para ahli tersebut juga merekomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 250mg - 500mg perharinya. Satu buah jeruk mengandung sekitar 70mg vitamin C.

3.Pisang

Kandungan potassium pada pisang berfungsi sebagai pembentuk energi elektrolit yang membentuk serotonin sehingga mendorong terciptanya perasaan relax dan santai. Selain itu, pisang juga mengandung rangkaian vitamin B yang berfungsi membantu meningkatkan psikologis yang berkaitan dengan suasana hati terutama menimbulkan rasa menyenangkan. Selain itu, pisang juga membantu sistem metabolisme tubuh dan membentuk energi pada tubuh.

Memulihkan Tubuh setelah berolah raga

1. Mengganti cairan yang hilang

Cukup minum setelah berolahraga adalah cara tercepat dalam pemulihan. Air berperan penting dalam sistem metabolisme serta peredaran nutrien di dalam tubuh. Meminum banyak air akan membantu semua proses tersebut.

2. Santap makanan sehat

Setelah kehilangan cukup banyak energi akibat berolahraga, kita perlu mengisi "bensin" lagi agar tubuh bisa memulihkan diri, memperbaiki jaringan, lebih kuat, dan siap untuk latihan berikutnya. Pilihlah makanan dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat kompleks.

3. Istirahat dan santai

Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk memulihkan diri guna mencegah sakit dan cedera.

4. Peregangan

Setelah latihan keras, jangan lupa melakukan peregangan, yang merupakan cara paling cepat untuk memulihkan otot.

5. Pijat

Pijat berguna untuk memperbaiki sirkulasi darah dan membuat kita rileks total.

6. Mandi air es

Gunanya untuk meredakan rasa lelah dan pegal di otot serta mencegah cedera.

7. Tidur

Luangkan waktu untuk tidur setelah berolahraga, meski hanya sebentar. Di saat terlelap itulah tubuh memproduksi hormon-hormon yang membentuk jaringan-jaringan otot baru.

8. Hindari latihan berlebih

Jangan melakukan latihan berlebihan atau overtraining, sesuaikan dengan kemampuan tubuh.
VERYWELL | PIPIT
Silahkan di baca semoga berguna buat anda

0 Response to "Cara Menghilangkan leleah"

Posting Komentar