Resep Kueh Bantal

Resep Kueh Bantal

Bahan-Bahan

500 gr Tepung Terigu segala jenis bisa
13 sdm Gula Pasir
1 sdm Ragi Instan
1/2 sdt garam
1/2 sdt Baking Powder
secukupnya air
1/2 Liter Minyak Makan untuk menggoreng

Langkah

Biang : Siapkan gelas yang besar untuk membiakan ragi ; 2 sdm gula pasir dilarutkan dalam 1/2 gelas air hangat tambahkan 2 sdm Terigu dan 1 sdm ragi instan, aduk hingga kental dan diamkan kira-kira 10 menit.
Adonan Utama : 500 gr Tepung Terigu + 11 sdm Gula Pasir + 1/2 sdm Baking Powder aduk rata, lalu campurkan adonan biang dan tambahkan air sedikit lalu uleni hingga kalis dan istirahatkan 10 menit.
Setelah diistirahatkan uleni lagi kira-kira 2 menit dan bentuklah menjadi bulat tabung diameter 3 cm dengan panjang sesuai wadah anda agar bisa ditutup dengan kain basah selama 2 jam
Lihat adonan sudah mengembang, lalu pipihkan sampai setebal kira-kira 6 mm, lalu siapkan wajan dengan minyak yang cukup agar menggoreng dapat terapung dan panaskan dengan api sedang sampai panas lalu kecilkan api. Setelah dipipihkan potong adonan tadi selebar sesuai keinginan sebesar apa kue yang kita buatLalu masukan adonan yang sedah berbentuk kotak pipih tadi dalam penggorengan dan sering dibolak balik agar kematangannya merata, angkat setelah kecoklatan. selamat menikmati.

Kue Bantal wijen

Bahan-bahan:

Tepung terigu 200 gram
Air hangat 70 ml
Gula halus 50 gram atau (bisa diganti dengan 40-45g gula pasir biasa)
Ragi instan/fermipan 1 sendok teh
Telur 1 butir
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh

Cara Membuat Roti Goreng Wijen

Larutkan 1 sendok teh ragi instan dengan air hangat secukupnya di dalam wadah atau gelas dan sisihkan.
Dalam wadah lain, kocok 1 butir telur sampai mengembang, lalu masukkan 200 gram tepung terigu, 50 gram gula halus, 1 sendok teh ragi instan yang sudah dilarutkan tadi, 1/4 sendok teh vanili dan 1/4 sendok teh garam, aduk rata, kemudian masukkan 70 ml air sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk hingga rata dan kalis.
Bulatkan adonan, lalu simpan dalam wadah dan biarkan selama 1 jam sambil di tutup pakai kain basah sampai mengembang.
Setelah adonan mengembang, simpan adonan di atas talenan yang sudah di beri taburi tepung sebelumnya, lalu giling menggunakan gilingan kayu atau botol kaca sampai tebalannya sekitar 2 cm, dan olesi bagian atasnya dengan sedikit air, taburi dengan wijen secukupnya.
Sekarang tinggal bunda potong-potong deh adonanya dengan ukuran dan bentuk sesuai selera bunda dan keluarga.
Panaskan minyak di atas wajan, lalu goreng di atas api sedang sampai warnanya coklat keemasan. Angkat dan tiriskan deh di atas saringan atau tissue.
Silahkan mencoba untuk keluarga anda dan smoga bermanfaat

0 Response to "Resep Kueh Bantal"

Posting Komentar