Resep Membuat Tumis Labu Siam

Resep Membuat Tumis Labu Siam 

Bahan Utama Tumis Labu Siam Pedas

300 gram labu siam
100 gram udang segar
3 buah cabai merah
100 ml air
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Bumbu Sayur Labu Siam Pedas
2 cm lengkuas
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu yang Dihaluskan

10 buah cabe rawit segar
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri sangrai

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Labu Siam Pedas Sebelum Diolah

Langkah pertama yaitu, kupas terlebih dahulu labu siam. Lalu potong panjang labu siam tersebut atau membentuk korek api. Jika sudah cuci sampai bersih, dan tiriskan.
Selanjutnya, potong cabai merah besar yang telah anda siapkan dengan arah menyerong.
Lalu memarkan lengkuas. Kemudian cuci udang sampai bersih agar tidak tercium amis.
Selanjutnya, haluskan bumbu halus yang telah anda siapkan.

Cara Membuat/Memasak Tumis Labu Siam Pedas

Setelah menyiapkan bahan dan bumbu seperti di atas, anda bisa melanjutkan pada tahap atau proses memasak. Langkah yang harus anda lakukan yaitu, siapkan wajan di atas kompor. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Tunggu hingga minyak goreng tersebut panas. Apabila telah panas, masukan semua bumbu yang telah dihaluskan. Aduk-aduk hingga mengeluarkan aroma dan tercium harum.
Selanjutnya, masukan udang yang telah anda cuci. Aduk sampai merata dan tumis udang tersebut sampai berubah warna atau matang.
Setelah itu, masukan labu siam yang telah anda potong membentuk korek api. Aduk sampai merata dan masak hingga labu siam setengah matang.4. Apabila telah setengah matang, tuangkan air yang telah anda siapkan. Tambahkan pula bumbu-bumbu seperti garam, gula dan penyedap rasa. Aduk-aduk hingga semua bumbu menjadi larut. Masak kembali hingga semua bahan matang sempurna. Apabila telah matang anda bisa mengangkat tumisan tersebut, lalu menyajikannya di atas piring saji yang telah anda siapkan.

Resep Tumis Labu Teri

Bahan Utama Tumis/Oseng Labu Siam Campur Teri

1 buah atau 200 gram labu siam
50 gram teri medan
4 buah cabai merah
2 buah cabai hijau
Minyak goreng secukupnya
100 ml air atau secukupnya

Bumbu Tumis/Oseng Labu Siam Campur Teri

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 lembar daun salam
1 ruas jari lengkuas
1 sendok teh gula merah
Garam secukupnya

Cara Menyiapkan atau Mengolah Bahan dan Bumbu Sebelum Dimasak

Jika anda telah menyiapkan bahan dan bumbu seperti yang telah ditentukan di atas, maka langkah yang harus anda lakukan yaitu membuang getah labu siam. Caranya yaitu dengan memotong labu siam menjadi dua bagian. Lalu gosokan kedua bagian labu siam tersebut hingga getah keluar seluruhnya. Jika sudah seperti itu, maka anda bisa langsung mengupas labu siam tersebut. Lalu iris labu siam membentuk korek api. Untuk membersihkan getah yang masih menempel anda bisa mencucinya menggunakan air.
Setelah itu, cuci bersih teri yang telah anda siapkan. Lalu panaskan minyak dalam wajan. Apabila telah panas, masukan teri yang telah dicuci dan goreng hingga teri matang. Setelah matang, angkat lalu sisihkan.
Kemudian, iris serong cabai merah dan cabai hijau.
Iris halus bawang merah dan bawang putih. Lalu memarkan lengkuas.

Cara Membuat Tumis/Oseng Labu Siam Campur Teri

Apabila telah melakukan langkah di atas, maka anda bisa melanjutkan pada tahap memasak. Dalam memasak langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, panaskan minyak. Jika minyak telah panas, anda bisa langsung memasukan irisan bawnag merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, daun salam dan lengkuas. Aduk sampai merata hingga bumbu-bumbu tersebut layu dan mengeluarkan aroma harum.
Jika sudah seperti itu, masukan labu siam dan tambahkan air. Aduk sampai merata hingga menyatu dengan bumbu yang telah ditumis.
Setelah itu, masukan garam dan gula merah. Aduk merata sampai bumbu larut. Masak kembali sampai labu siam menjadi setengah matang.
Selanjutnya, anda bisa masukan teri yang telah digoreng kedalamnya. Aduk kembali sampai merata, dan diamkan beberapa saat hingga labu siam matang. Apabila telah matang anda bisa langsung menyajikannya pada piring saji yang disiapkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk keluarga anda

0 Response to "Resep Membuat Tumis Labu Siam "

Posting Komentar