Resep Banana cake Mantap

Resep Banana cake Mantap

Bahan Banana cake Mantap

200 gram tepung terigu
4 butir telur
100 gram margarin / boleh dikurangi
4 buah pisang
200 gram gula
1/2 sendoh sp
sedikit vanili

Langkah Banana cake Mantap

Lelehkan margarin tunggu dingin. Blender pisang. Sisihkan

Mixer telur gula sp dan vanili hingga kaku berjejak.
Masukkan pisang dalam adonan aduk dengan kecepatan rendah. Kemudian masukkan tepung dan margarin secara bergantian.


Olesi loyang dengan margarin tabuti tepung. Geduk geduk yaa. Masukkan adonan stengah lebih sedikit. Geduk gek loyang lagi. Masukkan kr oven yg sudah dipanasi. (Ini penampakan pesanan kemarin sore)

Resep Cake & Pastry

Bahan Cake & Pastry

Untuk Kulit Choux:
250 ml air
125 ml butter/margarin
5 gr garam
5 gr gula pasir
188 gr tepung protein sedang (segitiga biru)
310 gr telur (sekitar 5-6 telur ukuran sedang)
Untuk Custard Pastry/Isian Choux:
500 ml susu
3 kantung teh earl grey/chamomile (untuk perasa, bisa di skip)
25 gr gula pasir
90 gr kuning telur
125 gr telur
75 gr maizena
60 gr butter/margarin
Untuk Craquelin:
100 gr gula pasir
100 gr tepung protein sedang
100 gr margarin

Langkah Cake & Pastry

Panaskan oven dengan suhu 190'C api atas bawah

Pertama, siapkan panci berisi 250 ml air, lalu masukkan 125 gr margarin, lelehkan dan aduk menggunakan spatula kayu. Setelah itu masukkan 5 gr garam, 5 gr gula, dan terakhir 188 gr tepung terigu. Masak dan aduk terus hingga tepung matang dan adonan menyatu. Jangan sampai gosong, kalau bisa menggunakan api kecil-sedang.

Kedua, angkat adonan tadi lalu biarkan hingga agak dingin, masukkan 310 gr telur tadi satu per satu. Aduk hingga konsistensinya kental dan menyerupai ribbon stage. (jangan sampai cair, jika dirasa sudah pas dan masih ada telur tersisa, tidak usah menambahkan telur lagi).\
Ketiga, adonan tadi dimasukkan ke dalam plastik segitiga, dan sisihkan.

Keempat, buatlah isian choux tadi. Pertama, panaskan 500 ml susu hingga mendidih kecil (kurang lebih 70'C), kemudian masukkan tea bags tadi/perasa lainnya dan diamkan kurang lebih 10 menit agar meresap. Setelah meresap, angkat teh tsb.

Kelima, campur semua susu, 25 gr gula pasir, 90 gr kuning telur, 125 gr telur, dan 75 gr maizena ke dalam panci, aduk menggunakan whisk hingga mengental dan membentuk seperti pasta. Jangan sampai menggumpal dan telur matang, jika agak menggumpal, angkat dari kompor dan terus mengaduk tanpa menggunakan kompor hingga tidak menggumpal lagi.
Keenam, tambahkan butter di akhir pada krim custard tadi, agar lebih mengkilat.

Keenam, buatlah craquelin untuk sus anda. Craquelin adalah sejenis topi yang menghiasi sus anda sehingga terlihat cantik. Perbandingannya adalah 1:1:1 antara terigu, gula, dan butter. Jika anda ingin menambahkan coklat pada craquelin, bisa diganti sebagian antara tepung dgn bubuk coklat, misalkan anda ingin memakai 100 gr tepung, 100 gr gula, dan 100 gr margarin. Substitusikan dengan 70 gr tepung, 30 gr bubuk coklat, 100 gr gula, dan 100 gr margarin. Asalkan berat tetap sama.

Saya menggunakan 70 gr tepung, 30 gr bubuk coklat, 100 gr gula, dan 100 gr mentega. Aduk rata lalu pipihkan dan bentuk bulat gepeng.
Adonan sus tadi dibentuk lingkaran dengan diameter sekitar 4 cm, beri jarak antar sus karena akan mengembang. Kemudian beri craquelin di atas sus tersebut.

Masukkan ke dalam oven dengan suhu 190'C selama 30 menit, cek warnanya, jika sudah coklat keemasan, turunkan suhu menjadi 100'C dan panggang lagi selama kurang lebih 10 menit.

Jika sudah matang, angkat dan tunggu hingga dingin.

Ketika sudah dingin, belah menjadi 2, dan masukkan isian custard tadi ke dalam sus tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk keluarga anda

0 Response to "Resep Banana cake Mantap"

Posting Komentar