Resep Tumis Wortel Dan Kembang Kol

Resep Tumis Wortel Dan Kembang Kol

Bahan Utama Tumis Wortel Dengan Kembang Kol

200 gram wortel
1 butir telur
200 gram kembang kol
Minyak goreng secukupnya
150 ml air

Bumbu Tumis Wortel Dengan Kembang Kol

3 butir bawang merah
Gula pasir secukupnya
2 buah cabai merah kering
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kecap asin
Garam secukupnya
3 siung bawang putih

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Wortel Dengan Kembang Kol

Pertama, kerik atau kupas terlebih dahulu wortel yang sudah anda beli. Lalu potong serong wortel yang sudah di kupas tersebut. Jika sudah, cuci wortel sampai bersih.
Selanjutnya, potong kembang kol dengan ukuran dan bentuk sesuai selera anda.
Iris halus bawang putih dan bawang merah.
Cincang kasar cabai merah kering.
Kocok lepas telur.

Cara Membuat Tumis Wortel Dengan Kembang Kol

Siapkan alat-alat yang akan digunakan untuk memasak kali ini seperti misalkan wajan dan spatula. Simpan atau letakan wajan yang sudah anda siapkan tersebut di atas kompor. Tuangkan minyak goreng secukupnya saja pada wajan tersebut. Lalu nyalakan api kompor dan panaskan minyak goreng.
Setelah minyak goreng panas dan terlihat meletup-letup, anda bisa langsung memasukan bawang putih, bawang merah dan cabai merah. Aduk merata dan tumis semuanya sampai layu dan matang. Jika sudah seperti itu, sisihkan terlebih dahulu di pinggir wajan.
Masukan telur yang sudah dikocok lepas tadi. Aduk-aduk atau orak-arik telur sampai berbutir. Jika telur sudah seperti itu, anda bisa langsung mengaduknya bersama dengan bumbu yang sudah ditumis.
Selanjutnya, masukan wortel yang sudah dipotong bersama dengan kembang kol. Aduk merata sampai keduanya layu.
Masukan bumbu-bumbu seperti misalkan merica bubuk, gula pasir, garam dan kecap asin. Aduk merata sampai bumbu larut.
Tuangkan air dengan takaran seperti yang telah ditentukan atau anda bisa menuangkan air sesuai dengan selera anda masing-masing. Aduk merata dan masak sampai bahan matang dan air meresap.
Apabila sudah seperti itu, anda bisa langsung mengangkat dan menyajikan tumisan pada tempat atau piring saji yang sudah disediakan.

Manfaat Kembang Kol Buat Ibu Hmail

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat menakjubkan mengkonsumsi kembang kol adalah menjaga kesehatan kardiovaskular dan kardiovaskular. Fungsi sistem kardiovaskular adalah membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh tanpa menimbulkan rasa sakit atau terbakar.

2. Pembentukan plasenta

Manfaat kembang kol bagi wanita hamil nanti sangat membantu dalam membentuk plasenta yang sehat. Kembang kol adalah sejenis tanaman yang banyak mengandung asam folat sehingga sangat dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat mampu menjaga kesehatan dan membuat fungsi plasenta optimal dalam memberikan nutrisi pada anak saat berada di dalam rahim.

3. Perkembangan Sel dan Janin

Manfaat terpenting berikutnya dari kembang kol adalah membantu perkembangan sel dan janin. Saat ibu hamil ia sangat membutuhkan berbagai nutrisi seperti vitamin A dan B. Dengan mengkonsumsi kembang kol secara teratur, maka kebutuhan akan vitamin A dan B untuk perkembangan sel dan janin dapat terpenuhi.

4. Mineral kaya akan

Kembang kol adalah sejenis tanaman yang memiliki beberapa zat penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin K dan mineral. Mineral adalah kandungan kembang kol yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Senyawa mineral yang terkandung dalam kembang kol meliputi seng, natrium dan fosfor. Karena kandungan senyawa mineral ini yang menyebabkan kembang kol sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Niasin

Manfaat kembang kol bagi wanita hamil di bawah ini adalah kandungan niacin yang sangat baik untuk pembentukan jaringan kulit, sistem pencernaan dan saraf pada bayi. Karena kandungan ibu hamil niacin ini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kembang kol secara teratur untuk pertumbuhan janin yang optimal.

6. Pasokan Kasium

Manfaat yang tak kalah pentingnya dibanding kembang kol berikut ini mampu memuaskan pasokan kalsium pada bayi yang bersifat biologis. Tentu dengan asupan kalsium yang cukup untuk membuat proses pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi menjadi lebih baik. Selain kebutuhan kalsium pada bayi, kebutuhan kalsium pada ibu hamil juga terpenuhi.

7. Membantu penyerapan zat besi

Manfaat kembang kol bagi wanita hamil juga efektif dalam membantu penyerapan zat besi. Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan Anda harus mengkonsumsi kembang kol secara teratur dan porsi yang tepat. Ini karena konsumsi kembang kol bisa membantu ibu hamil dalam proses penyerapan zat besi. Dengan cukup zat besi ini akan terhindar dari risiko persalinan prematur atau memiliki berat badan yang terlalu rendah.

Resep Sup Telur Puyuh

Bahan Utama Sup Telur Puyuh

10 butir telur puyuh rebus
50 gram kembang kol
1 buah wortel dipotong menyamping
50 gram  jamur kuping basah

Bawang goreng secukupnya

2 sendok makan minyak goreng
1 liter kaldu sapi

Bumbu Sup Telur Puyuh

3 siung bawang putih
1 buah bawang bombay cincang
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Gula pasir secukupnya
1 Irisan daun bawang

Cara Menyiapkan Bahan Sup Telur Puyuh

Pertama-tama siapkan beberapa alat yang akan digunakan untuk memasak seperti wajan, pisau, talenan, mangkuk saji dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.
Jika semuanya sudah siap, langkah pertama kali yang harus anda lakukan bisa dimulai dari mengupas bawang putih yang sudah disiapkan. Jika sudah, memarkan bawang putih tersebut.
Setelah itu, kupas juga bawang bombay. Lalu iris memanjang dan cincang. Iris juga daun bawang yang sudah dibersihkan.
Masukan jamur kuping basah yang sudah disiapkan. Lalu cuci jamur tersebut sampai benar-benar bersih. Jika perlu, cuci jamur beberapa kali.
Ambil pisau atau alat khusus untuk mengupas wortel. Jika sudah tersedia, anda bisa langsung mengupas wortel dengan cara mengeriknya dengan pisau atau menggunakan alat khusus pengupas wortel. Lalu iris wortel dengan arah menyerong.
Cuci kembang kol dengan menggunakan air bersih. Agar semua kotoran atau ulat yang menempel pada kembang kol hilang, anda bisa mencucinya dengan menggunakan air garam.
Didihkan air, lalu rebus telur puyuh yang sudah anda siapkan sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat telur puyuh dan dinginkan. Setelah dingin, kupas telur puyuh dan sisihkan.

Cara Membuat Sup Telur Puyuh

Jika semua bahan sudah siap olah, anda bisa langsung memasaknya. Pertama, tuangkan minyak goreng pada wajan panas di atas kompor. Biarkan sampai minyak goreng panas atau meletup-letup. Apabila sudah seperti itu, anda bisa memasukan bumbu seperti bawang bombay dan bawang putih. Aduk merata dan masak sampai mengeluarkan aroma harum.
Tuangkan kaldu yang sudah disiapkan. Biarkan sampai kaldu mendidih. Setelah seperti itu, masukan potongan wortel. Masak wortel sampai matang.
Selanjutnya, masukan telur puyuh, jamur dan kembang kol. Aduk sampai merata.
Tambahkan bumbu lainnya seperti garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk aduk sampai merata. Masak kembali selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat.
Sajikan sup telur puyuh ini pada tempat atau mangkuk  saji yang sudah disiapkan. Lalu taburi diatasnya dengan menggunakan irisan daun bawang. Sajikan ketika masih hangat agar lebih enak dan nikmat.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk keluarga anda


0 Response to "Resep Tumis Wortel Dan Kembang Kol"

Posting Komentar